Selasa, 21 Agustus 2007

BLOG SEBAGAI ALTERNATIF WEBSITE bag. 1

Blog adalah suatu cara komunikasi elektronik secara gratis yang bisa kita gunakan sebagai penganti dari website karena dengan kemudahannya
Tulisan ini sebenarnya hanya mencoba menerangkan apa itu blog/Weblog, Blog atau weblog adalah teknolog internet yang saat ini sebgai Tren gaya hidup digital
Teknologi ini kian hari kian berkembang mudah-mudahan tulisan ini dapat membantu dan menambah pengetahuan rekan-rekan mengenai blog. Rekan-rekan pasti sedang berpikir atau bahkan ada yang sudah tahu apa itu blog. Setelah Kamu berada didepan komputer, modem sudah terpasang dan siap menjelajah Internet, website apa yang sedang menarik sekarang? Apa yang sedang “trend” di Internet? Link-link apa saja yang menarik? Jangan kuatir, ada banyak Blog di luar sana yang bisa memandu kamu, dan ada cukup banyak detil-detil dan komentar pribadi yang bisa kamu nikmati dari tiap Blogger. Lewat Blog mereka, Blogger telah meraih pemirsa setia dan memperkenalkan kehidupan pribadi mereka pada kita semua.



Apa tuh Blog?
Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.
Blog kemudian berkembang mencari bentuk sesuai dengan kemauan para pembuatnya atau para Blogger. Blog yang pada mulanya merupakan “catatan perjalanan” seseorang di Internet, yaitu link ke website yang dikunjungi dan dianggap menarik, kemudian menjadi jauh lebih menarik daripada sebuah daftar link. Hal ini disebabkan karena para Blogger biasanya juga tidak lupa menyematkan komentar-komentar “cerdas” mereka, pendapat-pendapat pribadi dan bahkan mengekspresikan sarkasme mereka pada link yang mereka buat.
Sejarah Blog
Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman What’s New pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Kalau kita masih ingat, Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape. Kemudian pada Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya Justin’s Home Page yang kemudian berubah menjadi Links from the Underground yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang.
Hingga pada tahun 1998, jumlah Blog yang ada diluar sana belumlah seberapa. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan Blog-Blog mereka sendiri.
Pada Agustus 1999 sebuah perusahaan Silicon Valley bernama Pyra Lab meluncurkan layanan Blogger.com yang memungkinkan siapapun dengan pengetahuan dasar tentang HTML dapat menciptakan Blog-nya sendiri secara online dan gratis. Walaupun sebelum itu (Juli 1999) layanan membuat Blog online dan gratis yaitu Pitas telah ada dan telah membuat Blogger bertambah hingga ratusan, tapi jumlah Blog tidak pernah bertambah banyak begitu rupa sehingga Blogger.com muncul di dunia per-blog-an. Blogger.com sendiri saat ini telah memiliki hingga 100.000 Blogger yang menggunakan layanan mereka dengan pertumbuhan jumlah sekitar 20% per bulan. Blogger.com dan Pitas tentu tidak sendirian, layanan pembuat blog online diberikan pula oleh Grouksoup, Edit this Page dan juga Velocinews.
Sejak saat itu Blog kian hari kian bertambah hingga makin sulit untuk mengikutinya. Tetapi rekan-rekan tidak usah berkecil hati setelah mengetahui blog itu ada sejak tahun 90 an kita masih bisa mengikutinya. Dari semua layanan blog yang ada kita bisa pilih di Internet, blog disediakan gratis untuk siapa saja. Termasuk desain, hosting hingga berbagai fungsi tambahan yang mempermanis tampilan blog. Gratis dan mudah diaplikasikan. yang perlu diperhatikan sebelum Anda mulai membuat blog terlebih dahulu anda harus mempunyai account email, anda terkoneksi internet saat mengerjakan blog, bisa menggunakan program notepad atau text editor lainnya dan yang terakhir anda paham istilah dan penggunaan copy atau paste. Mudah bukan.
Dan perlu diingat sebelum membuat blog setidaknya kita sudah punya gambaran dan bahan-bahan yang natinya akan dipublish di blog kita sehingga kita akan mudah dalam pengerjaannya seperti halnya foto-foto, tulisan yang pernah Anda buat sebelumnya, daftar alamat blog atau situs yang hendak Anda pasang dan tentu saja nama blog Anda kelak. Untuk alamat situs yang hendak anda pasang blog anda anda bisa memilihnya diantaranya www.blogger.com, www.wordpress.com dan www.multiplay.com kesemuanya menyediakan fasilitas blog gratis sedangkan untuk contoh-contoh blog anda bisa lihat diinternet dengan alamat misalnya www.utdd-pmijateng.blogspot.com atau www.pmi-jateng.blogspot.com dan masih banyak lagi lainnya diinternet. Dari anda melihat dari blog-blog yang sudah ada pasti anda mempunyai gambaran tentang blog anda pada nantinya.


Comments :

1
Anonim mengatakan...
on 

Visit Singaporecutegirl today!
http://singapore-cutegirl.blogspot.com/

Visit Singaporecutegirl today!
http://singapore-cutegirl.blogspot.com/

Visit Singaporecutegirl today!
http://singapore-cutegirl.blogspot.com/

Visit Singaporecutegirl today!
http://singapore-cutegirl.blogspot.com/

Visit Singaporecutegirl today!
http://singapore-cutegirl.blogspot.com/

Visit Singaporecutegirl today!
http://singapore-cutegirl.blogspot.com/

 

Copyright © 2009 by PALANG MERAH INDONESIA