Rabu, 04 Februari 2009

PMI Distribusi Hygiene Kit dan Terpal untuk Korban Banjir & Longsor Cilacap

Palang Merah Indonesia (PMI) Daerah Jawa Tengah mendistribusikan bantuan darurat berupa paket hygiene kit dan terpal masing-masing 230 paket untuk korban banjir dan tanah longsor di Kecamatan Karangpucung, Cimanggu, dan Majenang, Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (4/2).



“Bantuan darurat ini kita berikan untuk para korban yang rumahnya rusak berat sehingga tidak bisa ditinggali serta yang masih tergenang air,” kata Muhammad Nashir, Kepala Bidang Humas PMI Daerah JawaTengah.

Di Kecamatan Karangpucung, PMI mendistribusikan bantuan untuk 326 jiwa warga Desa Pamulihan yang menjadi lokasi terparah terkena dampak longsor. Distribusi barang bantuan di Kecamatan Cimanggu diberikan kepada para korban longsor di empat desa, yaitu Desa Negarajati, Bantarpanjang, Cilempuyang, dan Cibalung. PMI mendata terdapat 69 rumah rusak berat di empat desa tersebut.

Sementara itu PMI juga mendistribusikan bantuan untuk para korban banjir di Desa Mulyasasri (Dusun Rajasari dan Dusun Bojongsari) dan Desa Mulyadadi (Dusun Sidamulya dan Dusun Bojongjati). Akibat genangan air yang masih tinggi, mayoritas korban banjir kini mengungsi di rumah-rumah panggung dan sekitar tanggul sungai.

“Ketinggian banjir di dua desa ini masih berkisar 1 hingga 1,5 meter sehingga warga banyak yang mengungsi di rumah-rumah panggung, sekitar tanggul sungai, maupun di gedung olahraga setempat,” jelas Wahyu Adiwiharso, Staf Bidang Penanganan Bencana PMI Cabang Cilacap.

Ditambahkannya, distribusi bantuan di Desa Mulyasari dan Mulyadadi dilakukan PMI dengan menggunakan perahu karet bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap.

PMI Cabang Cilacap menurunkan 8 relawan Satgana (Satuan Siaga Penanganan Bencana) dan 1 unit truk yang dikerahkan dari PMI Daerah Jawa Tengah untuk melakukan distribusi bantuan bagi korban banjir dan longsor hari ini.

Data asesmen PMI menyebutkan hingga saat ini para korban banjir di Kecamatan Karangpucung, Majenang, dan Cimanggu masih membutuhkan bantuan sembako dan obat-obatan. “Kebutuhkan kami taksir untuk sekitar 1.800 jiwa,” kata Muhammad Nashir.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: H. Thobari HR, Ketua Bidang PB PMI Daerah Jawa Tengah, Hp. 0813 255 34858 atau Wahyu Adiwiharso, Staf Bidang Penanganan Bencana PMI Cabang Cilacap, Hp. 0815 429 866644. Kontak Media: Muhammad Nashir, Hp. 0815 751 50066.

Comments :

0 komentar to “PMI Distribusi Hygiene Kit dan Terpal untuk Korban Banjir & Longsor Cilacap”

 

Copyright © 2009 by PALANG MERAH INDONESIA