Senin, 16 Maret 2009

PELATIHAN SPESIALISASI LOGISTIK BAGI JATENG DAN DIY




Palang Merah Indonesia (PMI) merupakan sebuah organisasi kemanusiaan, dalam perkembangannya PMI mengalami perkembangan yang pesat dalam melaksanakan tugas-tugas kepalangmerahan khususnya dalam hal pemberian bantuan kepada masyarakat. Untuk itu PMI Yogyakarta mengadakan pelatihan spesialisasi Logistik pada tanggal 10-15 Maret 2009 di Hotel Ros-in Yogyakarta. Peserta pelatihan tersebut berjumlah 31 orang dari jateng dan jogja, untuk yang mewakili Jateng yaitu Ali Masyhar dan Budi Nugroho (PMI Daerah Jateng), Sri Jatmiko( Kota Semarang), Ardhi (Cilacap), Agung Sutrisna (Pati), Wahdadi(Sragen), Sutrisna( Kota Surakarta), dan Purwanto (Kebumen).
Pelatihan spesialisasi ini diadakan dengan mengacu pada sistem logistik Federasi, hal ini bertujuan untuk memudahkan dan menyamakan sistem logistik yang dilaksanakan di Markas Pusat, Daerah dan Cabang, baik sistem logistik tanggap darurat maupun sistem logistik reguler. Materi yang disampaikan meliputi pengertian logistik, manajemen pergudangan, manajemen transportasi dan laporan. Materi yang diberikan dalam waktu 5 hari tersebut tidak ada hanya teori juga praktek, dimana peserta diminta untuk menyimulasikan bagaimana merespon bencana sebagai orang logistik, memilih gudang yang baik, merumuskan anggaran operasional, serta pengisian form-form administrasi yang telah distandarkan secara nasional. Kompleksitas dalam logistik yan dipelajari dalam logistik ini meliputi penerimaan,penyimpan, dan pengiriman barang dimana masing-masing bagian memiliki tata cara untuk melakukan sesuai dengan prosedur. Dalam pelatihan tersebut peserta di latih sebagai pelaku logistik untuk keadaan sebelum, saat maupun setelah terjadi bencana sehingga peserta dapat berperan aktif bila terjadi bencana.
Pelatihan yang terselengara atas kerja sama PMI DIY dan Palang Merah Jepang tersebut diadakan untuk mencetak orang-orang yang kapabel di bidang logistik dan merupakan pelatihan yang pertama diselengarakan untuk cabang-cabang. Karena baru pertama pelatihan spesialisasi logistik yang pesertanya perwakilan dari cabang di jateng dan yogya. Dari pelatihan ini selain diharapkan mencetak SDM di bidang logistik, juga diharapkan sistem logistik yang telah distandarkan PMI Pusat dapat terlaksana diseluruh cabang.
Hal ini merupakan sebuah kepercayaan yang besar yang diberikan oleh masyarakat baik masyarakat nasional maupun internasional terhadap keberadaan PMI. Besarnya kepercayaan masyarakat yang diberikan kepada PMI dalam hal pengelolaan bantuan, menjadikan PMI dituntut untuk lebih profesional, transparan dan akuntabilitas dalam mengelola barang-barang bantuan tersebut, baik bantuan yang berasal dari masyarakat maupun lembaga internasional lainnya.

Comments :

0 komentar to “PELATIHAN SPESIALISASI LOGISTIK BAGI JATENG DAN DIY”

 

Copyright © 2009 by PALANG MERAH INDONESIA