Kamis, 26 Maret 2009

PMI Jawa tengah adakan Pentaloka Pembina PMR MULA




Sebagai upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia PMI kususnya dibidang pembinaan PMR dilaksanakan Pelatihan dan Loka karya (Pentaloka) Pembina PMR Mula. Pelatihan tersebut dilaksanakan di Pusdiklat Prof.DR.dr.H. Satoto, Sp.GK PMI Jawa Tengah dan dilaksanakan selama 6 hari yang dimulai pada tanggal 20-25 Maret 2009 yang diikuti oleh 35 peserta perwakilan dari masing-masing cabang PMI diseluruh Jawa tengah.

Pentaloka yang dibuka secara resmi oleh Ketua PMI Provinsi Jawa Tengah Bapak Sasongko Tedjo, SE.MM pada hari jumat ini bertujuan meningkatkan kwalitas dan kuantitas PMR Mula yang berkarakter positif guna mendukung peningkatan pelayanan Kepalangmerahan. kegiatan ini diawali dengan pengisian materi tentang organisasi PMI yang Meliputi Visi dan Misi serta kepalang merahan oleh Bapak Sasongko kemudian dilanjutkan diisi oleh Bapak Nasrun dengan Pengembangan Sikap ( Kepemimpinan, Kerjasama, komunikasi ). Pentaloka ini dipandu oleh 4 Fasilitator yaitu Wuri Widiyanti (PMI Jateng), Budi (Cab. Kota Surakarta), Hari (Cab. Grobogan), dan Arif( Cab. Kab. Magelang) yang masing-masing memandu setiap materi yang diberikan meliputi Pembinaan PMR, Peran Pelatih dan Fasilitator PMR, Struktur dan PEmbentukan PMR, Rekruitmen Anggota, Pelatihan PMR,Tri Bhakti PMR, Pengembangan Kapasitas, Pendataan, Monitoring dan evaluasi serta Bedah Buku PMR.

Selain beberapa materi tersebut juga diberikan materi oleh Ibu Dra.Hj. Frieda NRH, MS yaitu komunikasi dan Pelatih/fasilitator yang efektif, oleh M. Natsir yang mengisi tentang Sekolah Siaga Bencana(SSB). Dan juga diberikan pengetahuan tentang HIV/AIDS oleh dr. Haryo Teguh. itu juga peserta diberikan training motivasi oleh BapaK Tri dari Kota Surakarta.
Setelah beberapa hari pelatihan di dalam ruangan, Pentaloka Pembina PMR Mula ini di akhiri dengan Praktek Lapangan di 3 sekolah dasar yaitu SDN Tandang, SDN 1 dan 2 Sambiroto Semarang. Dimana dalam praktek tersebut peserta dibagi dalam 3 kelompok untuk menerapkan ilmu yang telah didapat dalam beberapa hari pelatihan. Selain itu peserta di minta untuk menyusun Rencana Tindak Lanjut hasil pelatihan ini untuk dapat di terapkan di masing-masing cabang.

Dari pelatihan ini diharapkan PMI Cabang mempunyai seorang Pembina/Pelatih PMR yang mampu Menjadi inisiator untuk pengembangan Ke-PMR-an Mula di Cabang masing-masing, Menyelenggarakan Latihan Pembina PMR Mula Tingkat Cabang dengan metode partisipatif, Menghasilkan suatu rancangan kegiatan PMR Mula sebagai penjabaran kurikulum, Melatih dan mengembangkan kegiatan PMR Mula di masing - masing Cabang fokus Sekolah Siaga Bencana, Menambah jumlah Unit PMR Mula minimal 1 Unit di Cabang masing –masing. Sehingga kedepan PMI Jawa Tengah akan memiliki SDM yang berkulaitas diberbagai bidang terutama dalam pembinaan PMR.



Comments :

0 komentar to “PMI Jawa tengah adakan Pentaloka Pembina PMR MULA”

 

Copyright © 2009 by PALANG MERAH INDONESIA