Senin, 12 November 2007

Sekilas Palang Merah Daerah Jawa Tengah

Palang Merah Indonesia (PMI) diakui secara luas sebagai organisasi kemanusiaan yang mampu menyediakan pelayanan kepalangmerahan yang efektif dan tepat waktu, terutama kepada mereka yang paling membutuhkan, dalam semangat kenetralan dan kemandirian.

MISI

style="TEXT-ALIGN: justify">
  • Menyebarluaskan dan mengembangkan aplikasi Prinsip dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan sabit Merah serta Hukum Perikemanusiaan Internasional (HPI) dalam masyarakat Indonesia.
  • Melaksanakan pelayanan kepalangmerahan yang bermutu, dan tepat waktu, mencakup :
    a. Bantuan Kemanusiaan dalam keadaan darurat
    b. Pelayanan Sosial dan Kesehatan Masyarakat
    c. Usaha Kesehatan Transfusi Darah
  • Pembinaan Generasi Muda dalam kepalangmerahan, kesehatan dan kesejahteraan.
  • Melaksanakan konsolidasi organisasi, pembinaan potensi dan peningkatan sumber daya dan sumber dana untuk menuju PMI yang efektif dan efisien.

PRINSIP DASAR GERAKAN

Sebagai bagian dari Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah se-dunia, maka Palang Merah Indonesia memegang Prinsip dasar kepalangmerahan, yang terdiri dari :
  1. KEMANUSIAAN. Gerakan bulan sabit merah dan Bulan Sabit Merah Internasional didirikan berdasarkan keinginan memberi pertolongan tanpa membedakan korban yang terluka di dalam pertempuran, mencegah dan mengatasi penderitaan sesame manusia. Palang Merah menumbuhkan saling pengertian persahabatan, kerjasama dan perdamaian abadi bagi sesame manusia.
  2. KESAMAAN. Gerakan ini tidak membuat perbedaan atas dasar kebangsaan, kesukuan, agama atau pandangan politik. Tujuannya semata-mata mengurangi penderitaan manusia sesuai dengan kebutuhannya dan mendahulukan keadaan yang paling parah
  3. KENETRALAN. Agar senantiasa mendapat kepercayaan dari semua pihak, gerakan ini tidak boleh memihak atau melibatkan diri dalam pertentangan politik, kesukuan, agama atau ideologi
  4. KEMANDIRIAN. Gerakan ini bersifat mandiri, perhimpunan nasional disamping membantu Pemerintahnya dalam bidang kemanusiaan, juga harus mentaati peraturan negaranya, harus selalu menjaga otonominya sehingga dapat bertindak sejalan dengan prinsip-prinsip gerakan ini.
  5. KESUKARELAAN. Gerakan ini adalah gerakan pemberi bantuan sukarela yang tidak didasari oleh keinginan untuk mencari keuntungan apapun
  6. KESATUAN. Didalam suatu negara hanya ada satu perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah yang terbuka untuk semua orang dan melaksanakan tugas kemanusiaan diseluruh wilayah
  7. KESEMESTAAN. Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional adalah bersifat semesta. Setiap Perhimpunan Nasional mempunyai hak dan tanggung jawab yang sama dalam menolong sesama manusia

SEMANGAT KEMANUSIAAN

Dengan memegang teguh visi, misi dan prinsip dasar PMI secara nasional, dalam melaksanakan tugasnya di Jawa Tengah, PMI Daerah Jawa Tengah melandasi kegiatannya dengan semangat sebagai berikut :

  • Kesukarelaan ProfesionalSetiap anggota Pengurus PMI di Jawa Tengah melaksanakan baktinya secara sukarela, namun dalam cari bakti yang bermutu professional.
  • Kepemimpinan Kolektif PMI di semua jajaran di Jawa Tengah dipimpin dan dikelola secara kolektif dengan cara musyawarah dan mufakat.
  • Panutan Inovatif Setiap jajaran PMI di Jawa Tengah memberikan contoh teladan berorganisasi, untuk disebarluaskan dan dilaksanakan baik kearah horizontal maupun Daerah vertical secara inovatif sesuai kebutuhan dan kondisi masing-masing jajaran.

Comments :

3 komentar to “Sekilas Palang Merah Daerah Jawa Tengah”

Anonim mengatakan...
on 

Visit Singaporecutegirl today!
http://singapore-cutegirl.blogspot.com/

Anonim mengatakan...
on 

Visit Singaporecutegirl today!
http://singapore-cutegirl.blogspot.com/

Iyat KSR Karanganyar mengatakan...
on 

Wah Keren webNya,
klo mo cari lagu Mars PMI, ma Ebook materi untuk referensi mengajar PMR di link mana ya...


from,
Iyat
http://twitter.com/iyatfun

 

Copyright © 2009 by PALANG MERAH INDONESIA