Rabu, 29 April 2009

PMI Respon Siaga Gunung Slamet


Staf PB Jateng melakukan packing bantuan kesiapsiagaan Gn. Slamet


Cheking masker dan kacamata dari PMI Prov. jateng


Merespon aktifitas Gunung Slamet di Jawa Tengah yang menunjukkan peningkatan, Palang Merah Indonesia Prov. Jawa Tengah melakukan kesiapsiagaan bencana, dengan menyiagakan personil (Relawan PMI) dan pengiriman masker.



PMI Cabang Kab. Tegal, Pemalang, Brebes, Banyumas dan Purbalingga, telah melakukan koordinasi dengan Satlak PB (BPBD) masing-masing untuk antisipasi letusan gunung. PMI Cabang Kab. Tegal telah memetakan persiapan lokasi pengungsian untuk ring I (± 7 Km dari puncak) yaitu Desa batu Merah dan Bulewah. Ring II (± 30 Km dari puncak) di Desa Bumi Jawa.



PMI Cabang Purbalingga telah memetakan lokasi rawan yaitu di Kec. Karangreja (ds. Bawa, Siwarak, Karangreja, Tlahap Lor), Kec. Bojang Sari (ds. Bumi Sari, ds. Metenggeng) dan Kec. Mrebet (Pengalusan, Binangun, Sangkanayu).

Lokasi rawan lain di Kab. Banyumas, berada di 5 kecamatan yaitu kec. Sumbung(Ds. kimpakkuwus), Kec. kedungbanteng(Ds. melung,dan windujasa), Kec. Baturaden(Ds. karangwangu, dan ketenger),Kec.Pekuncen(Ds.legok, dukuh karangsawen,dan krajan) dan Kec. silongok

Di Brebes, Kec. Cirampok juga merupakan lokasi rawan yang diprediksi menjadi arah luncuran lava pijar. Sedangkan di Pemalang, Kec. Pulosari (ds. Gambuan, ds. Legasari, ds. Penakir, ds. Jurangmangu, ds. Gunungsari, ds. Siremeng, ds. Batursari, dan ds. Cetaka-paling rentan).

5 (lima) PMI Cabang di lingkaran Gunung Slamet telah melakukan koordinasi dengan satlak masing-masing wilayah. PMI Cabang juga telah melaksanakan piket dengan menyiagakan relawan cabang, ranting bersama masyarakat (baik di Markas dan desa).

Di Markas PMI Daerah dan Cabang telah menyiagakan 400 personil, 4 ambulans, 8 tenda pleton, 4 tenda regu, alat DU dan Kit PP.

Hari ini (28/4) PMI Provinsi Jawa Tengah telah mengirimkan 35.000 masker dan 200 kacamata ke 5 PMI Cabang. Di masing-masing cabang masih membutuhkan family kit, hygiens kit, tenda pleton dan terpoulin untu antisipasi bila terjadi pengungsian.

Hingga saat ini status Gunung Slamet masih Siaga III, meski telah beberapa kali telah menyemburkan lava pijar.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: H. Thobari HR, Ketua Bidang PB PMI Daerah Jawa Tengah, Hp. 0813 255 34858, Dwi Handoko Kabag. Penanganan Bencana 08156548912 / 081228011456, Kontak Media: Muhammad Nashir, Hp. 081228011455/081575150066.

email humas_pmijateng@yahoo.com-nasir_jateng@yahoo.co.id, poskopmijateng@yahoo.co.id






Comments :

3 komentar to “PMI Respon Siaga Gunung Slamet”

arey_cungkring mengatakan...
on 

saya kurang setuju aabila ekan2 dari tegal sudah sampai antisipasi seperti itu soalnya itu akan menambah beban mental dan masyarakat akan bertambah panik. oya lanjut lagi saya meminta draf dan kode dalam pembuatan KTA PMR soalnya masih banyak kode yang belum di ketahui contoh kode pusat dan daerah

ArdWar mengatakan...
on 

panduan petolongan pertama

DHIKA mengatakan...
on 

Saya tidak setuju klu setiap misi untk kmanusiaan dianggap proyek yg menguntngkan..

 

Copyright © 2009 by PALANG MERAH INDONESIA